Tips Hilangkan Kantuk di Kantor Setelah Makan Siang

hilangkan ngantuk di kantor

intriknews.com - Lunch break berakhir, saatnya kembali bekerja! Kamu bersiap-siap kembali terjun ke pekerjaan, tapi malah menguap tanpa henti dan mendadak ngantuk, padahal masih siang.

Jangan khawatir, dorongan kuat untuk tidur setelah makan siang (mungkin) bukan karena Kamu malas, tapi memang bersifat biologis, yaitu ritme sirkadian (circadian rhythm), sebuah proses fisiologis yang mengatur aktivitas bangun-tidur.

Ritme sirkadian secara alami akan berada di titik rendah sekitar jam makan siang yang mengakibatkan Kamu jauh lebih mudah mengantuk saat siang tiba.

Tidak hanya itu, tingkat energi Kamu juga dipengaruhi  faktor seperti makanan yang Kamu konsumsi, beban kerja, dan lain-lain.

Simak tips kami untuk menghindari kantuk yang menyerang setelah makan siang.

1. Lakukan Sedikit Olahraga Kecil

Aktivitas fisik ringan seperti stretching dan jalan-jalan pun dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otot sehingga Kamu merasa lebih enerjik.

Setelah makan siang, jangan duduk-duduk saja. Ayo segera bergerak sebelum rasa kantuk datang menghampiri!

2. Minum Air Secukupnya

Iklan minuman yang sering Kamu lihat di TV tidak berbohong: dehidrasi memang dapat menyebabkan rasa lemas dan mempengaruhi berkonsentrasi.

Konsumsi air putih 8 gelas sehari agak kurang tepat jika dijadikan stkamur universal, namun Kamu boleh menggunakannya sebagai panduan agar tubuh Kamu cukup mendapat asupan cairan.

3. Sedikit Tidur Siang Tidak Apa-Apa

Riset membuktikan kalau tidur siang singkat selama 10-20 menit membantu otak Kamu melepas beban dan meningkatkan produktivitas.

Plus, Kamu akan merasa lebih segar dan recharged setelahnya. Jangan lupa memasang alarm, ya.

4. Dengarkan Musik Sambil Bekerja

Selain menjaga agar Kamu tidak terkantuk-kantuk, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Bagi beberapa individu, musik bahkan dapat menstimulasi kreativitas dan membantu mereka berkonsentrasi.

Sebelum meraih headphone Kamu, pastikan tempat kerja Kamu mengizinkan pegawainya untuk mendengarkan musik sambil bekerja.

Menghindari lebih baik dari mengobati, bukan?

Beberapa perubahan kebiasaan dan gaya hidup ini akan membantu Kamu lebih alert dan terhindar dari menurunnya energi setelah makan siang!

Sumber: Tribunnews

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Hilangkan Kantuk di Kantor Setelah Makan Siang"

Posting Komentar