Ribuan Buruh dan Mahasiswa Demo Jokowi Tuntut Upah Layak

buruh demo jokowi
Ribuan buruh melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta

intriknews.com Jakarta - Tuntutan dicabutnya Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan membuat ribuan orang akan melakukan demonstrasi hari ini di Jakarta.

"Akan ada massa puluhan ribu yang akan demo di Patung Kuda, rencananya polisi dan Tentara Nasional Indonesia akan mengawal aksi tersebut," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal seperti dilansir CNN Indonesia kemarin.


Untuk mengamankan aksi, belasan ribu personel kepolisian dan TNI disiapakan. Pengawalan ketat dilalukan karena lokasi demo dekat dengan beberapa objek vital seperti Bundaran Hotel Indonesia dan Istana Negara.

"Ada 17 ribu personel gabungan dari Polda, Mabes Polri, dan Kodam Jaya untuk mengawal massa," ujar Mohammad Iqbal.

Sementara untuk pengalihan arus lalulintas bersifat situasional tergantung kondisi dilapangan. "Demo diarahkan agar tidak berhenti di Bundaran HI," katanya.

Terkait unjuk rasa besar-besaran ini, Iqbal mengimbau agar warga ibu kota menghindari jalur protokol yang akan dilintasi pengunjuk rasa seperti Jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat.

Penolakan terhadap PP Pengupahan dilakukan karena buruh merasa penyusunan PP itu tidak melibatkan elemen buruh. Selain itu, pertimbangan kenaikan upah yang berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi dinilai sangat merugikan para buruh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ribuan Buruh dan Mahasiswa Demo Jokowi Tuntut Upah Layak"

Posting Komentar