Inilah Fakta Dibalik Kebiasaan Membunyikan Leher


intriknews.com - Beberapa orang memiliki kebiasaan aneh, yaitu membunyikan leher, sama seperti mereka membunyikan jari-jari mereka ketika sedang pegal. Menurut para ahli di Johns Hopkins Arthritis Center, keduanya sama-sama aktivitas meledakkan gelembung gas kecil di dalam sendi.

Setiap sendi terbungkus dalam kapsul berisi cairan sinovial, yaitu pelumas yang kaya nutrisi. Ketika Anda membunyikan leher atau jari tangan dengan menekuknya, berarti Anda menurunkan tekanan di dalamnya dan menciptakan ruang hampa.

"Orang-orang banyak yang merasa khawatir mengenai suara sendi yang mereka buat. Secara umum, hal itu tidak perlu dikhawatirkan," ujar Steven Vlad, rheumatologis di Tufts Medical Center di Boston, dilansir dari Safe Bee.

Ada pembicaraan sengit di kalangan komunitas rheumatologis mengenai membunyikan buku-buku jari. Tangan yang jari-jarinya dibunyikan setiap hari, tidak memiliki perbedaan dengan tangan yang jari-jarinya tidak pernah dibunyikan.

Akan tetapi, keamanan membunyikan leher yang dilakukan dalam terapi chiropractic masih menjadi perdebatan.

Dalam artikel di British Medical Journal 2012, sekelompok peneliti dari Inggris dan Australia menyatakan mereka tidak merekomendasikan untuk membunyikan leher dalam terapi penyembuhan tulang belakang. Sebab aktivitas itu berpotensi merusak arteri leher besar dan menyebabkan stroke.

Namun penelitian terpisah dari sekelompok peneliti, yang dipimpin oleh ahli epidemiologi David Cassidy dari Universitas Toronto, berpendapat, tidak ada bukti yang mendukung korelasi antara struk dengan tulang belakang leher. Membunyikan leher justru bermanfaat untuk penyembuhan nyeri jangka pendek.

Sejak itu, pada 2014 dalam jurnal Stroke, American Heart Association dan American Stroke Association mengeluarkan pernyataan mengenai hubungan antara membunyikan tulang belakang leher dengan stroke. Jurnal tersebut mengatakan, meskipun potensinya rendah dan sulit membuktikan kausalitasnya, namun terapis harus mempertimbangkan adanya kemungkinan stroke.

Ahli terapi chiropractic (chiropractor) dari San Francisco, Austin Davis, mengatakan, dalam terapi ini para terapis melakukan terapi dengan baik dan tidak memunculkan ancaman stroke. Jika mereka tidak mengetahui apa yang mereka lakukan, tentu mereka akan menimbulkan potensi kerusakan. Siapapun yang tidak mengerti dan memahami profesinya, akan merugikan dan menyakiti orang lain.

Berikut tips mengikuti terapi chiropractic yang direkomendasikan Davis.

- Pilih dokter yang nyaman. Dokter yang bisa mendengarkan Anda dan menjelaskan mengenai terapi kepada Anda.

- Pastikan dokter atau terapis yang Anda datangi mengenyam bangku pendidikan bagi terapi chiropractic

- Jika dokter Anda adalah chiropractor terakreditasi, maka tanyakan mengenai cara mereka melakukan terapi dan tanyakan apa yang akan mereka lakukan untuk menjaga Anda agar tetap sehat

- Waspada jika ada terapis yang mengobati gejala penyakit tulang, bukan mengobati penyebab terjadinya penyakit tersebut

"Dalam chiropractic, kami ingin mengetahui penyebabnya, apakah ada gangguan pada sistem saraf Anda," jelasnya.

Mengenai praktik membunyikan leher, ia mengatakan sebaiknya Anda tidak melakukannya sendiri di rumah. Ia melihat, pasien biasanya menghasilkan lebih banyak kesalahan fatal dengan melakukan hal tersebut, karena tidak mengerti tekniknya.

Membunyikan leher itu adalah bentuk usaha menyelaraskan tulang belakang, sehingga otak dan tubuh dapat berkomunikasi dengan baik dengan sistem saraf. Jika dilakukan dengan cara yang salah, maka akan berbahaya.

Sumber: Republika

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Fakta Dibalik Kebiasaan Membunyikan Leher"

Posting Komentar