Minum Air Putih Sebelum Makan Bisa Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi. Foto: Rol

intriknews.com - Penelitian baru menunjukkan minum sekitar 500 mililiter air 30 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan untuk orang dewasa yang mengalami obesitas.

Namun para peneliti dari University of Birmingham di Inggris dikutip dari laman Web MD mengatakan, hasil penelitian kecil ini perlu diuji dalam percobaan yang lebih besar. Tim peneliti telah merekrut 84 relawan dewasa yang mengalami obesitas melalui dokter mereka.

Setiap orang menerima konsultasi manajemen berat badan yang meliputi perubahan gaya hidup, pilihan diet yang lebih baik.

Kemudian para peneliti secara acak membagi peserta menjadi dua kelompok. Mereka meminta satu kelompok dari 41 relawan untuk minum 500 mililiter air setengah jam sebelum makan. Sedangkan 43 peserta lainnya makan tanpa didahului dengan minum air putih. Dalam penelitian ini para relawan tidak diperbolehkan meminum minuman berkarbonasi, atau minuman manis.

Setelah dilacak selama 12 minggu, dengan konsultasi telepon setelah 2 minggu, kelompok yang meminum air sebelum makan-kehilangan rata-rata 1,3 Kg lebih berat badan dari mereka yang hanya makan tanpa meminum air terlebih dahulu. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Obesity.

"Keindahan temuan ini dalam kesederhanaan. Hanya minum setengah liter air, tiga kali sehari, sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan Anda," kata Dr Helen Parretti, salah satu penulis studi.

Tim peneliti sekarang ingin melanjutkan penelitian dalam percobaan yang lebih besar dengan lebih banyak relawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Minum Air Putih Sebelum Makan Bisa Menurunkan Berat Badan?"

Posting Komentar